Waspadai Berbagai Dampak Stres Pada Kesehatan Berikut Ini

Stres dapat berdampak serius pada kesehatan Anda, meningkatkan risiko penyakit kardiovaskular, dan bahkan memperburuk kondisi medis seperti asma, diabetes, dan hipertensi. Penyebab stres sangat beragam, tergantung dari situasi Anda sendiri. Bisa jadi karena kemarahan, kecemasan, perasaan takut, frustrasi, atau yang lainnya. Apapun penyebabnya, dampak stres tidak main-main lho.

10 Dampak Stres Terhadap Kesehatan

Berikut adalah beberapa dampak stres pada orang dewasa, yang juga bisa terjadi pada anak-anak, yaitu:

1. Penuaan Dini

Banyak penelitian yang telah membuktikan bahwa stres dapat mempercepat penuaan sekitar 9 hingga 17 tahun, seperti garis halus, keriput, hingga flek hitam pada wajah.

2. Sakit Perut

Efek ini biasanya tidak terasa saat Anda mengalami stres ringan. Namun ketika level stres meningkat, Anda bisa tiba-tiba sakit perut atau bahkan mual. Hal ini terjadi karena tubuh Anda memperlambat atau bahkan menghentikan sistem pencernaan akibat kerja otak sedang terganggu.

3. Diare

Semakin tinggi level stres Anda, semakin menurun pula kemampuan tubuh Anda untuk menyerap nutrisi, yang juga berdampak pada ketidakteraturan sistem pencernaan Anda. Efeknya, Anda bisa mengalami diare atau konstipasi.

4. Mengganggu Sistem Pernapasan dan Kardiovaskular

Jika Anda adalah penderita asma atau emfisema, pikiran yang sedang stres dapat membuat Anda lebih sulit untuk bernafas. Tekanan pada otak akan membuat jantung Anda memompa darah lebih cepat, yang membuat pembuluh darah mengkerut dan mengalirkan lebih banyak oksigen. Akibatnya, jantung bekerja terlalu keras dan tekanan darah akan naik, sehingga beresiko mengalami stroke atau serangan jantung.

5. Menurunkan Sistem Imun

Hormon stres dapat membuat sistem kekebalan tubuh Anda lebih lemah, serta mengurangi respons tubuh terhadap serangan penyakit atau virus. Karena itu, orang-orang yang sedang stres lebih rentan terkena pilek, batuk, serta infeksi lainnya. Stres juga dapat membuat Anda membutuhkan lebih banyak waktu untuk sembuh dari luka atau cedera.

6. Mengganggu Sistem Otot

Otot-otot Anda akan tegang ketika Anda sedang stres, dan akan kembali normal saat Anda rileks. Namun, ketika Anda terus-menerus mengalami stres, berarti otot Anda tidak memiliki kesempatan untuk rileks, sehingga menyebabkan sakit punggung dan bahu, sakit kepala, bahkan juga seluruh tubuh.

7. Menaikkan Risiko Terkena Diabetes

Saat Anda stres, liver Anda akan melepaskan glukosa (gula darah) secara berlebihan, yang dapat menyebabkan diabetes jika Anda memiliki risiko diabetes atau menderita obesitas.

8. Siklus Menstruasi Terganggu

Salah satu dampak stres pada kesehatan wanita adalah membuat siklus menstruasi menjadi tidak teratur dan membuat masa PMS semakin buruk, seperti suasana hati yang tidak stabil atau bahkan kram perut sebelum/selama menstruasi.

9. Mengganggu Kehamilan

Stres dapat berdampak signifikan pada sistem reproduksi wanita, mulai dari gairah seksual, kesehatan sel telur dan rahim, serta penyesuaian diri pasca persalinan (atau sering disebut baby blues). Bahkan, stres dapat berdampak negatif pada perkembangan dan kesehatan janin.

10. Serangan Panik

Stres yang berlebihan dapat membuat Anda terkena serangan panik yang tiba-tiba. Keadaan ini dapat terjadi kapan saja, bahkan saat Anda sedang tidur.  Saat mendapat serangan panik, Anda bisa mengalami kesemutan atau mati rasa di tangan dan jari, berkeringat atau kedinginan, nyeri dada, kesulitan bernafas, lemas, pusing, bahkan pingsan.

Jika Anda mengalami salah satu dari gejala di atas, bisa jadi Anda sedang mengalami stres. Stres memang tidak dapat dihindari, tapi belajar untuk mengontrol pikiran dan hati bisa menjadi salah satu pencegah stres paling ampuh. Cara lainnya adalah olahraga teratur, liburan, konsumsi makanan sehat, dan bangun hubungan yang sehat, baik dengan keluarga, pasangan, maupun teman.