Mengapa Pilih Pengobatan Alternatif

Kali ini, kita akan membahas seputar pengobatan alternatif. Atau lebih tepatnya lagi, kita akan membahas tentang alasan mengapa, banyak orang lebih memilih pengobatan alternatif. Dibandingkan pengobatan medis.

Kita yang tinggal di negara kaya budaya, pastinya sudah tidak asing lagi, dengan macam-macam metode pengobatan alternatif, yang ada di masyarakat. Karena memang sebagian metode pengobatan alternatif ini, dipengaruhi oleh budaya setempat.

Pertanyaannya sekarang, mengapa begitu banyak orang, lebih memilih pengobatan alternatif, ketika mengidap suatu penyakit. Padahal pengobatan medis, sudah semakin mudah dijangkau. Dan semakin maju juga.

1. Sudah Berobat Kemana-mana Tapi Belom Sembuh

Alasan yang pertama, dan sekaligus alasan paling lumrah, tentunya sudah bisa Anda tebak. Yaitu karena pasien sudah berobat secara medis kemana-mana, tetapi belum sembuh juga. Sehingga wajar bila kemudian kita berpikir, bahwa mungkin pintu kesembuhan kita bukan disini tempatnya. Bukan dari jalan medis.

2. Ada Testimoni Dari Orang Dengan Keluhan Serupa

Alasan yang kedua, adalah karena pasien mengetahui, bahwa ada banyak orang dengan keluhan serupa, bisa sembuh lewat pengobatan alternatif. Pengalaman-pengalaman keberhasilan inilah, yang kemudian membuat orang menyadari, bahwa pengobatan alternatif merupakan suatu metode penyembuhan yang sudah terbukti.

Karena memang banyak orang sudah membuktikannya. Orang-orang dengan keluhan yang sama seperti pasien ini juga.

3. Memiliki Pendekatan Yang Lebih Menyeluruh

Kemudian alasan ketiga, orang lebih memilih pengobatan alternatif, karena metode pengobatan alternatif, cenderung memiliki pendekatan yang lebih menyeluruh. Holistic, istilahnya.

Di banyak metode pengobatan alternatif, semua gejala dianggap sebagai suatu kesatuan. Jadi tidak sekedar menyasar satu bagian yang dirasa sakit, tetapi mengupayakan juga untuk menyehatkan tubuh secara keseluruhan. Sebab metode pengobatan semacam ini, memang umumnya menganggap tubuh sebagai suatu kesatuan, dan bukan sekedar bagian yang terpisah-pisah.

Atau dengan kata lain, pengobatan alternatif itu tidak sekedar berupaya menyembuhkan secara fisik saja, tetapi juga berupaya untuk menyembuhkan emosi pasiennya.

4. Membutuhkan Perhatian Lebih Pribadi

Alasan keempat, adalah karena metode pengobatan alternatif membutuhkan perhatian yang lebih bersifat pribadi. Seringkali tidak menggunakan produk masal, melainkan disesuaikan dengan keunikan kasus masing-masing orang.

5. Cara Yang Diterapkan Membantu Mengurangi Stress

Alasan kelimanya, orang memilih pengobatan alternatif, karena cara-cara yang diterapkannya bisa membantu mengurangi stress juga. Seperti yang kita tahu, stress merupakan salah satu faktor penting, yang dapat melemahkan kekebalan tubuh seseorang.

Pengobatan modern, atau pengobatan medis, tidak banyak memperhitungkan faktor stress ini, karena bagaimanapun stress adalah bagian dari kehidupan modern yang tidak mungkin diabaikan.

Dalam metode-metode pengobatan yang menggunakan terapi yoga atau meditasi misalnya, stress kerap diidentifikasi sebagai faktor utama. Yang mana faktor utama ini diupayakan untuk dikurangi, dalam upaya melawan penyakit. Termasuk contohnya, hipertensi alias darah tinggi.

6. Karena Dipercaya Tidak Merusak

Sedangkan alasan keenam, orang lebih memilih pengobatan alternatif, karena dipercaya tidak merusak. Tidak ada prosedur operasi, tidak ada injeksi, juga tidak ada penggunaan bahan-bahan kimia, yang oleh banyak orang dianggap berbahaya dan merusak tubuh kita.

Selain keenam alasan ini, tidak sedikit orang juga mengakui, bahwa dirinya secara pribadi lebih memilih pengobatan alternatif, karena metode pengobatan alternatif, dapat meningkatkan energi dalam tubuhnya. Sehingga tidak hanya merasa lebih sehat secara fisik, pasien juga merasa lebih sehat secara mental.

Secara umum, termasuk dalam macam-macam keunggulan pengobatan alternatif, yang selama ini dirasakan orang, antara lain adalah:

Yang pertama, dapat mengurangi stress pada pasien, terutama stress yang diakibatkan ketidakpastikan, mengenai penyakit yang dideritanya, dari sudut pandang pengobatan medis atau pengobatan konvensional.

Selain itu, yang kedua, pasien juga merasa lebih terlibat secara langsung dalam penanganan penyakitnya.

Yang ketiga, metode pengobatan alternatif berpotensi mengurangi trauma pasien, akibat cara-cara pengobatan medis yang sudah pernah diikuti sebelumnya.

Dan yang keempat, melalui metode pengobatan alternatif, orang juga bisa belajar untuk lebih mengenali identitas budaya tertentu.

Kurang lebihnya, itulah macam-macam alasan, mengapa orang lebih memilih pengobatan alternatif, dibandingkan pengobatan medis. Anda sendiri, lebih pilih yang mana?  Akhir kata, sampai disini saya cukupkan sekian