Kenali Manfaat Asam Jawa Yang Menakjubkan Untuk Kesehatan Tubuh

Hampir semua orang Indonesia tentu sudah mengenal buah satu ini, yakni asam jawa. Buah yang memiliki citarasa asam manis ini sangat sering digunakan baik sebagai bumbu penyedap masakan ataupun campuran pada minuman herbal. Ada banyak kegunaan yang dimiliki oleh asam jawa, salah satunya yakni manfaat asam jawa untuk diet yang tentunya sangat disukai oleh kaum hawa.

Daftar Manfaat Asam Jawa Terhadap Kesehatan

1. Melindungi Organ Hati

Di dalam asam jawa terkandung senyawa hidroalkohol yang memiliki kemampuan anti peradangan terhadap organ hati. Kerusakan organ hati dapat disebabkan oleh konsumsi senyawa berbahaya seperti alkohol. Konsumsi ekstrak asam jawa membantu untuk melindungi organ hati dari zat penyebab kerusakan dan kematian sel-sel.

2. Menjaga Jantung Tetap Sehat

Di dalam buah tamarin atau asam jawa terkandung senyawa polifenol yang memiliki fungsi antioksidan untuk tubuh. Riset terhadap hewan percobaan menunjukkan bahwa konsumsi buah asam jawa ternyata dapat menurunkan kadar kolesterol jahat atau LDL dalam tubuh.

Selain itu asam jawa juga dapat menurunkan kadar trigliserida. Kemampuan ekstrak buah asam jawa dalam membersihkan kolesterol jahat dari jaringan saraf dan pembuluh darah membuatnya sangat baik menjaga organ jantung tetap sehat.

Selain itu, sifat antioksidan asam jawa akan mengurangi risiko oksidatif kolesterol jahat. Oleh karena itu tak heran jika di Indonesia, asam jawa digunakan sebagai salah satu rempah tambahan pada minuman herbal seperti jamu tradisional.

3. Melancarkan Pencernaan Tubuh

Tamarin atau asam jawa memiliki kemampuan sebagai obat pencahar karena kandungan serat yang dimilikinya. Kandungan 6 gram serat yang tidak terlarut dalam asam jawa berfungsi untuk melancarkan feses saat melewati usus. Bahkan, sudah sejak lama tamarin atau asam jawa dimanfaatkan oleh masyarakat di Afrika sebagai tambahan bahan ke dalam sarapan anak-anak agar tidak sembelit.

Mengingat manfaat asam jawa sebagai pelancar pencernaan, tak heran jika buah ini diyakini dapat membantu program diet. Asam jawa akan membantu membersihkan saluran pada pencernaan karena kandungan serat serta asam kalium. Selain itu, serat dalam asam jawa akan membuat seseorang lebih kenyang dalam waktu lama.

4. Membantu Program Diet

Asam jawa terbukti memiliki kandungan senyawa asam hidroksitikit atau dikenal sebagai HCA yang dapat menurunkan jumlah penimbunan lemak di tubuh. Keberadaan asam HCA dalam asam jawa terbukti dapat menurunkan berat badan berdasarkan riset yang dimuat dalam jurnal ilmiah.

Oleh karena itu tidak heran jika konsumsi tamarin atau asam jawa sangat disarankan untuk menurunkan risiko obesitas. Selain memiliki manfaat untuk menurunkan berat badan, asam jawa juga diyakini dapat menekan keinginan makan. Pasalnya, konsumsi asam jawa dapat meningkatkan kadar serotonin dalam darah.

5. Memiliki Manfaat Antidiabetes

Buah asam jawa terbukti melalui beragam riset ilmiah memiliki kemampuan sebagai antidiabetes yang cukup baik. Risiko hiperglikemia pada seorang pasien diabetes terbukti dapat diturunkan berkat kandungan mineral magnesium di dalam asam jawa sebesar 28 gram. Mineral magnesium di dalam asam jawa memiliki manfaat sangat baik untuk menunjang kinerja 600 organ dalam tubuh.

Meskipun diketahui memiliki segudang manfaat, namun Anda juga tetap harus berhati-hati karena terdapat efek samping asam jawa apabila dikonsumsi secara berlebihan. Konsumsi asam jawa berlebihan bisa menyebabkan kerusakan pada enamel gigi karena sifatnya yang sangat asam. Selain itu, bagi yang memiliki riwayat alergi makanan, asam jawa mungkin bisa memicu timbulnya reaksi alergi.