Inilah 10 Manfaat Olahraga Bagi Kesehatan Fisik dan Mental

Olahraga adalah gerakan yang memberikan efek pada tubuh secara keseluruhan, mulai dari menggerakan otot hingga membakar kalori. Ada banyak jenis olahraga, seperti berenang, berlari, yoga, atau bahkan menari. Jika Anda menerapkan cara olahraga yang benar, yaitu mulai dengan gerakan sederhana, meningkat seiring waktu, dan konsisten, Anda akan mendapatkan berbagai manfaat luar biasa.

Pentingnya Olahraga Secara Rutin

Penelitian yang tak terhitung jumlahnya menunjukkan bahwa berbagai jenis olahraga yang dilakukan secara teratur memiliki banyak sekali manfaat, seperti:

1. Membantu Menurunkan Berat Badan

Bersama dengan diet yang sedang Anda lakukan, olahraga memainkan peran penting dalam menurunkan dan mengontrol berat badan, yang berarti juga mencegah obesitas. Agar berat badan Anda stabil, kalori yang Anda makan dan minum harus sama dengan energi yang Anda bakar, dan kegiatan olahraga akan membantu Anda untuk membakar kalori.

2. Mengurangi Risiko Penyakit Jantung

Olahraga dapat memperkuat otot jantung dan meningkatkan sirkulasi aliran darah dalam jantung, yang berarti meningkatkan kadar oksigen dalam tubuh. Hal ini akan membantu menurunkan risiko penyakit jantung, seperti kolesterol tinggi, penyakit arteri koroner, dan serangan jantung. Olahraga teratur juga dapat menurunkan tekanan darah dan kadar trigliserida.

3. Terhindar dari Diabetes

Dengan rajin berolahraga, tubuh Anda akan dapat mengatur kadar gula dan insulin dalam darah, yang berarti menurunkan risiko Anda untuk terkena sindrom metabolik dan diabetes tipe 2. Bahkan jika Anda sudah memiliki salah satu dari dua penyakit ini, olahraga dapat membantu tubuh Anda untuk mengendalikannya.

4. Menjaga Tulang Tetap Kuat

Ketika Anda berolahraga secara teratur, tulang Anda beradaptasi dengan membangun lebih banyak sel dan menjadi lebih padat. Dengan begitu, Anda tidak akan mudah terkena osteoporosis saat berusia tua. Namun, gerakan olahraga yang Anda lakukan harus mencakup tiga komponen utama, yaitu latihan menahan beban, latihan resistensi, dan peregangan.

5. Meningkatkan Energi

Banyak studi yang menunjukkan hasil bahwa olahraga teratur dapat secara signifikan meningkatkan energi bagi orang yang menderita sindrom kelelahan kronis (CFS) dan penyakit serius lainnya, seperti kanker, HIV / AIDS, dan multiple sclerosis.

6. Menyehatkan Mental dan Memperbaiki Mood

Selama berolahraga, tubuh akan melepaskan bahan kimia (serotonin, norepinefrin, endorfin, dopamine) yang dapat meningkatkan mood Anda dan membuat Anda merasa lebih rileks. Hal ini dapat membantu Anda menghilangkan pikiran negatif, kecemasan, stress, dan mengurangi risiko depresi.

7. Membantu Kesehatan Kulit

Sudah menjadi rahasia umum bahwa olahraga secara teratur dapat membuat Anda tampak awet muda. Hal ini karena olahraga dapat meningkatkan detak jantung dan meningkatkan sirkulasi darah, yang dapat membantu menyalurkan oksigen dan nutrisi ke kulit, seperti meningkatkan produksi kolagen dan pembentukan sel-sel kulit baru yang dapat membuat kulit tampak bercahaya dan tidak mudah menua.

8. Membantu Kesehatan Otak

Aktivitas fisik dapat meningkatkan aliran darah ke otak, yang kemudian meningkatkan fungsi otak, daya ingat, serta keterampilan berpikir. Bagi usia dewasa dan lansia, olahraga juga dapat mengurangi penyakit alzheimer dan skizofrenia.

9. Meningkatkan Kualitas Tidur

Berbagai penelitian menemukan fakta bahwa 150 menit olahraga ringan atau sedang per minggu dapat meningkatkan kualitas tidur hingga 65%. Jika dilakukan dengan rutin dan dalam jangka waktu yang lama, penderita insomnia sekalipun dapat tidur dengan lelap.

10. Meningkatkan Kesehatan Seksual

Olahraga teratur dapat menurunkan risiko disfungsi ereksi (DE) pada pria. Dan pada wanita, olahraga dapat meningkatkan gairah seksual.

Manfaat olahraga bagi kesehatan ternyata sangat banyak, tak hanya untuk tubuh tapi juga hati, otak, bahkan kulit. Intinya, rutin berolahraga dapat meningkatkan kualitas hidup Anda dan bahkan membantu Anda hidup lebih lama. Tidak ada kata terlambat untuk memulai, berapapun usia Anda sekarang.